Pahitnya Plagiator

Ramaditya Adikara

Penasaran! Betul, hanya kata tersebut yang dapat mewakili perasaan saya ketika semalam jam setengah sembilan sedang muter-muter channel tv. Di salah satu tv swasta, Grace Natalie si penyiar mengatakan sedang mencoba menghubungi Ramaditya Adikara untuk permintaan maafnya kepada publik. Ramaditya? sejurus kemudian ingatan mengarah ke tayangan kick andy yang sempat menampilkan dirinya bahkan dia sempat memenangkan penghargaan dari kick andy, kenapa ya? kok sekarang permintaan maaf ke publik?

Ternyata si Ramaditya ini mengaku sebagai komposer asli musik game Jepang, seperti Super Mario Galaxy, Xenogears, dan FF Orgins. Busyet dah, pantesan dia langsung terkenal dan dapat penghargaan karena keterbatasan fisiknya (tidak bisa melihat) dia menjadi blogger, komposer, dan membuat buku berjudul Blind Power. Namun ternyata klaimnya terhadap musik yang dikomposeri olehnya adalah bohong, 
Tindakan semacam ini dapat dikatergorikan sebagai Plagiat, karena definisi plagiat menurut kamus bahasa Indonesia, pla·gi·at n pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, msl menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan.Mengapa dikategorikan Plagiat? ini dikarenakan Ramaditya menjadikan musik yang ada di game yang diklaimnya seolah-olah adalah hasil karyanya sendiri.

Namun selain kesalahan fatalnya yang membohongi publik dengan klaimnya tersebut yang bahkan Kick Andy
menobatkannya sebagai salah satu pemuda berprestasi dan pada 17 Agustus kemarin masih sempat nongol di
TV One sebagai sosok berprestasi, waktu itu kita melihatnya kagum karena dengan gaya PDnya dia masih
mengklaim hal yang telah disebutkan di atas. Namun satu hal yang saya salut dengannya adalah keberaniannya
mengakui kesalahannya dengan membuat sebuah surat pernyataan seperti yang saya kutip dari kompas 
berikut ini :

Berikut isi surat pernyataan blogger yang bernama lengkap Eko Ramaditya Adikara ini seperti dikutip dari
Kotakgame.com.
Bahwa dengan ini:
1. Saya mencabut klaim tentang keterlibatan saya sebagai komposer musik
game
2. Saya mengakui bahwa saya tidakp pernah terlibat dalam pembuatan musik Jepang
.game Jepang apapun.
3. Saya tidak pernah terlibat dalam proyek legal ataupun ilegal dalam pembuatan musik
game Jepang manapun.
4. Saya mengakui bahwa saya telah melakukan
renaming dan juga mengubah file musik yang bukan milik saya. Yang saya akui sebagai milik saya.
5. saya megnakui bahwa berita-berita tentang status saya sebagai seorang
game music composer videogame Jepang, baik di media cetak, online, maupun media televisi, adalah tidfak benar. Hal ini dikarenakan, saya telah berbohong kepada publik dan media mengenai status tersebut.

Kepada pemirsa dan pembaca Kotakgame.com, masyarakat Indonesia, serta gamers. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya karena melakukan pembohongan publik.


Jakarta, 10 Agustus 2010.

Dalam surat pernyataan yang ditandangani Rama di atas materai Rp 6.000 itu, juga ikut didatangani oleh dua orang saksi, yakni Estu Putro Wibowo dan Steven Suryanto.

Akhir kata untuk Ramaditya Adikara "katakanlah kebenaran walaupun pahit" dan kepahitan yang sedang kau rasakan mungkin lebih baik dibandingkan terus menutupi kebohongan dengan kebohongan yang lain, dan maaf jika salutku padamu sebesar kecewaku padamu. Buat blogger yang lain No Plagiat ya, caranya bila memang mengutip dari orang lain cantumkan sumbernya biar tidak HOAX, jangan sampai hanya ingin terkenal akhirnya menghalalkan segala cara, karena tujuan tidaklah menhalalkan cara. Jadi sebaik apapun tujuan kita jika cara kita salah maka tetap akan salah.

Komentar

Postingan Populer