Aktivasi dan deaktivasi command button di VB 6

Halo mas bro mba sist, belajar VB lagi yuk, belajar dari yang mudah dulu ya maklum yang nulis juga masih newbie gitu gan he2x kita sekarang coba buat mengaktifkan dan menonaktifkan tombol.

alat dan bahan:
- VB 6 (jelas lah klo g ada itu gmn bikinnya wkwkwkwk)
- 1 Form di vb
- 1 Textbox
- 1 Command button

Baiklah, setelah dibuat jadinya gini contohnya
trus klik 2x di textbox sehingga muncul form untuk penulisan kodenya, oia sebelumnya text di text1 di kosongin dulu dan di propertisnya command button, enabled nya di buat false aja gan.
tuliskan code ini :
Private Sub Text1_Change()
Command1.Enabled = True
End Sub

nah kalo di running formnya, pertama kali command 1 g bisa di pake, setelah kita klik command buttonnya jadi enable kembali (see pictnya)

nah di sini ada kelemahan dari code ini,
Private Sub Text1_Change() --> ini hanya berlaku kalau di textbox berubah, tapi kalau sudah berubah terus kita backspace jadi textbox kosong lagi, commandnya masih tetap aktif.
nah untuk menyiasatinya, kita tambahkan kode ini:


Private Sub Text1_Change()
if textbox1.text ="" then
Command1.Enabled = false
else
Command1.Enabled = true
End Sub

dengan menambahkan kode logic tersebut, maka kalau textbox kita isi terus di backspace atau di delete textnya, maka commandnya akan berubah lagi menjadi tidak aktif, terus ini buat apa? nah pertanyaan yang bagus, ini bisa kita aplikasikan buat form dimana kita menginginkan texbox harus di isi, misal nih nama kasir atau nama pekerja gitu.

Sekian dulu, semoga bermanfaat





Komentar

Postingan Populer